Materi Kuliah Manajemen Pemasaran

Menyusun Rencana Pemasaran



Materi kuliah Manajemen Pemasaran kali ini berhubungan dengan tugas akhir yang akan dipresentasikan yaitu bagaimana cara “Menyusun Rencana Pemasaran” sebuah produk maupun jasa yang erat berhubungan dengan agribisnis atau agroindustri.
Dalam merancang suatu produk dibutuhkan sebuah perencanaan. Beberapa hal yang sangat penting namun kadang sering dilupakan yaitu:

1. Merumuskan Visi dan Misi Perusahaan
Poin ini seringkali dilupakan dan dianggap kurang penting dibandingkan dengan aspek perencanaan lainnya. Nyatanya, visi dan misi produk maupun jasa yang akan kita kembangkan adala roh produk itu sendiri. Visi misi itu menggambarkan tujuan dan keinginan dari produk yang akan dikembangkan dan cara untuk mencapainya.

Visi dan misi perusahaan sebenarnya tidak hanya berlaku bagi perusahaan besar namun juga berlaku untuk perusahaan kecil. Perbedaan ini hanya terletak pada dokumentasi apakah visi misi tersebut benar-benar ditulis atau tidak pada perusahaan kecil.

Visi itu sebetulnya merupakan angan-angan masa depan jadi perusahaan kita ke depan ingin seperti apa. Misalnya pernyataan: ke depan kita ingin menjadi perusahaan yang dikenal di dunia dan menjadi pemasok minuman dalam kemasan yang punya kualitas tinggi, itu visi kita ke depan.

Misinya kita membuat air dalam kemasan kualitas tinggi dan teknologi baik untuk meningkatkan kehidupan orang menjadi lebih baik.

2. Struktur Organisasi
Bagian ini menuliskan bagan yang menggambarkan struktur organisasi perusahaan dan nama-nama yang menduduki setiap struktur dalam perusahaan tersebut.

3. Scope of Marketing
Scope of marketing menjelaskan nama dan produk dan jasa yang dihasilkan dan merek pada setiap produk dan jasa

4. Core Competency and Sustainable Competitive Advantage
Core competency menggambarkan keahlian apa yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Misalnya Dunlop yang memiliki core competency Rubber Technology yang mampu memproduksi produk dari karet misalnya ban dan bola golf.

Sustainable Competitive Advantage: menggambarkan kelebihan dan kekuatan perusahaan dibandingkan pesaingnya sehingga perusahaan tersebut mampu bertahan dan berkelanjutan dalam memproduksi ban dan bola olahraga.

5. Situation Analysis
a. SWOT Analysis
b. Industry Analysis
c. Identifying Competitor
d. Customer Analysis
6. Identifying Company’s Competitive Strategies

Bagian ini menjelaskan bagaimana strategi yang digunakan dalam menghadapi pesaing. Pertama kita harus dapat menjelaskan siklus hidup produk kita pada posisi apa. Kemudian baru menentukan competitive strategies yang akan dijalankan berdasarkan siklus hidup produk yang kita produksi.

7. Strategic Formulation
Bagian ini menjelaskan strategi apa yang dipakai untuk produk dan merk yang akan dipasarkan, apakah strategi tersebut termasuk ke dalam salah satu kategori berikut:
a. Overall cost leadership: mampu menekan dan mengendalikan biaya produksi yang rendah sehingga mampu memberikan harga yang lebih murah kepada produk-produknya.
b. Differentiation: apakah perusahaan mampu membuat produk yang memiliki fitur atau karakteristik yang tidak dapat diciptakan perusahaan pesaing, dan fitur tersebut memberikan nilai tambah kepada produk kita?
c. Focus: apakah perusahaan akan memfokuskan kepada pelanggan tertentu, produk tertentu, dan pasar tertentu?
d. Product or service alliance: apakah perusahaan akan memberikan lisensi kepada perusahaan lain untuk memproduksi produknya, atau apakah perusahaan akan bermitra dengan perusahaan lain untuk memasarkan produk baru?
e. Promotional alliance: apakah perusahaan akan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk memasarkan produk perusahaan mitra tersebut atau meminta perusahaan lain untuk memasarkan produk perusahaannya?
f. Logistic alliance: apakah perusahaan akan meminta perusahaan lain untuk mendistribusikan produk-produknya?
g. Pricing collaboration: apakah perusahaan akan bermitra dengan perusahaan lain untuk memasarkan produk masing-masing bersama dengan menetapkan harga tunggal dari dua atau lebih produk dari kedua perusahaan yang bermitra tersebut?

8. Product and Market Focus
a. Marketing and product objectives : menjelaskan apa yang ingin dicapai dengan program pemasaran, misalnya meningkatnya kesadaran merk dan konsumsi produk.
b. Segmentation: menjelaskan siapa saja yang dapat menjadi konsumen? Apa karakteristik dari pelanggan dan calon pelanggan?
c. Target markets: menjelaskan siapa yang menjadi sasaran utama pasar produk perusahaan ini.

9. Custom Marketing Strategy
a. Points of Difference : menjelaskan diferensiasi produk yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh produk pesaing
b. Positioning: persepsi konsumen apa yang ingin ditanamkan terhadap produk kita dibandingkan dengan produk pesaing.
c. Marketing Programs: strategi pemasaran yang terdiri dari: pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran yang dikenal sebagai 4P (Product, Price, Place, dan Promotion). Mengalokasikan biaya pemasaran ke dalam empat unsur bauran pemasaran tersebut. 
d. Analyze Product Strategies : menjelaskan lini produk yang dihasilkan
e. Analyze Price Strategies: strategi harga yang akan dilaksanakan, berdasarkan biaya atau permintaan pasar, persaingan atau kebutuhan konsumen atau apakah akan melaksanakan strategi harga untuk produk baru.
f. Analyze Place Strategies: distribusi
g. Analyze Promotion Strategies: promosi atau komunikasi
h. Market Entry Strategies (Modes of entry into foreign market)
i. Financial Data and Projections
j. Implementation Plan
k. Evaluation and Control


Menarik bukan? Agar setiap mahasiswa benar-benar memahami dan mengerti bagaimana menyusun rencana pemasaran maka setiap mahasiwa yang tergabung dalam sebuah kelompok kecil diminta untuk membuat strategi pemasaran suatu produk baru.

Sumber: Buku Pemasaran Strategik (Perspektif, Perilaku Konsumen, dan Marketing Plan) dengan editor: Ujang Sumarwan


Ebooknya dapat di download di link berikut ini

Ebook lainnya:
Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi; Aviliani; H.C Royke; Jusuf Agus Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran Strategik: Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham . Published byInti Prima, Februari 2009, ISBN 979-450-451-3
Please dowload link below for book preview:
Strategic Marketing

Komentar